1 Jan 2009

10 Resolusi Sehat Tahun 2009

Inilah saatnya menyongsong tahun baru. Setiap orang berjanji untuk berusaha hidup sehat di tahun baru, setelah memanjakan diri selama liburan. Biasanya setiap orang memiliki cita-cita yang positif saat berencana untuk membuat resolusi mereka di tahun baru. Meskipun untuk mewujudkan resolusi tersebut tidaklah mudah.



Di bawah ini adalah 10 resolusi sehat yang umum dan membantu setiap individu agar menjadi lebih "SMARTer":

1. "Mulailah Berusaha."
Buatlah beberapa langkah nyata untuk membuat resolusi Anda terlihat lebih spesifik, seperti "Saya akan berjalan di treadmill selama 30 menit, 3 atau 4 kali seminggu" atau " Saya akan memakai 'pedometer' atau penghitung langkah saat bekerja, memarkirkan kendaraan lebih jauh dari pintu masuk kantor dan lebih memilih tangga daripada lift untuk memperoleh lebih banyak langkah per hari."

2. "Menurunkan Berat Badan."
Buatlah tujuan Anda lebih terjangkau dan tepat waktu, seperti "Saya akan menurunkan berat badan 5 pounds di akhir bulan ini." Kemudian wujudkan dengan beberapa langkah yang berhubungan dengan perubahan nutrisi makanan, melakukan olah raga, dll.

3. "Mengkonsumsi Makanan Sehat."
Ubah pikiran Anda dari "Saya akan berdiet" menjadi "Saya membuat perubahan gaya hidup dengan memperbaiki kebiasaan makan saya." Pertimbangkan untuk membuat 'food journal' untuk mendapatkan hal-hal spesifik yang dapat Anda ubah. Langkah-langkah spesifik yang dapat diambil tersebut misalnya "Saya akan membatasi makanan yang manis-manis sebanyak 2 kali seminggu" atau "Saya akan mengurangi konsumsi fast food dari 3 kali seminggu menjadi sekali seminggu" atau "Saya akan meningkatkan porsi buah-buahan dan sayuran menjadi lima porsi per hari."

4. "Berhenti Merokok."
Tentukan sebuah tanggal yang realistis untuk berhenti merokok. Pastikan Anda tidak menyerah dan gagal untuk berhenti merokok terutama di saat-saat stress. Jika Anda perokok berat, berbicaralah pada dokter dan pertimbangkan untuk menggunakan terapi pengganti nikotin seperti permen karet atau pengobatan. Bersihkan rumah Anda dari semua yang berhubungan dengan rokok atau perlengkapan rokok (asbak, lighters, kotak rokok, dll). Atur langkah-langkah untuk mengurangi konsumsi tembakau Anda secara perlahan, seperti "Saya akan mengurangi rokok dengan satu batang rokok per hari selama seminggu penuh."

5. "Mengurangi Stress"
Cari tahu dan tuliskan penyebab stress Anda. Mengidentifikasi stress merupakan langkah positif yang dapat diambil ketika stress datang dan mengetahui bentuk dukungan apa yang Anda miliki. Sebuah langkah realistis yang diambil mungkin seperti "Selama masa stress, saya akan belajar teknik mengambil napas dalam-dalam, menulis di jurnal atau pergi berjalan-jalan untuk menjernihkan pikiran."

6. "Berhenti Mengkonsumsi Fast Food."
Beberapa orang tidak selalu berhasil untuk langsung berhenti mengkonsumsi fast food, jadi mulailah dengan membiasakan diri Anda dengan pilihan yang lebih menyehatkan dalam memilih menu fast food. Cobalah untuk menggunakan website restoran untuk mencari tahu tentang informasi nutrisi, atau mengambil pamflet nutrisi dalam restoran. Berusahalah meraih rencana kedepan dan bawalah daftar nutrisi makanan selalu bersama Anda. Buatlah spesifik langkah-langkah seperti berikut "Saya akan makan di fast food restoran tidak lebih dari sekali dalam seminggu."

7. "Berhenti Minum Soda."
ungkin tidak realistis jika harus berhenti sama sekali meminum soda untuk diet Anda. Berpikirlah untuk mengurangi jumlah soda yang Anda minum. Sebagai contoh, cobalah untuk mencampurnya dengan diet soda untuk menurunkan kalori, atau cobalah untuk mengganti dengan sirup, teh tanpa gula, atau teh hijau. Sebagai contoh tindakan yang harus dilakukan dapat berupa "Saya akan mengurangi jumlah konsumsi soda yang saya minum dari sekali per hari menjadi dua kali per minggu."

8. "Minum Banyak Air Putih."
Tanyakan diri Anda bagaimana dapat memperbanyak konsumsi air minum. Langkah spesifik dan nyata yang bisa diambil, seperti "Saya akan membawa botol air yang dapat diisi ulang saat saya pergi" atau "Saya akan mengganti minuman berkalori dengan air putih atau sirup."

9. "Tidur Lebih Banyak."
Pikirkanlah cara untuk mencapai tujuan ini. Sebuah contoh tindakan untuk melaksanakan hal ini adalah "Saya akan pergi tidur 30 menit lebih cepat dari biasanya dan menghindari kafein di malam hari." Tetapkan waktu tidur yang lebih tegas, dan berusahalah tetap konsisten terhadap jadwal sehingga membuat tubuh Anda terbiasa. Keluarga yang memiliki anak-anak biasanya memperoleh keuntungan dengan menerapkan jadwal rutin untuk tidur di waktu yang sama pada malam hari.

10. "Mengurangi Alkohol."
Hitunglah sudah berapa banyak alkohol yang sudah Anda minum saat ini. Putuskan berapa jumlah yang cukup realistis untuk menguranginya. Sebagai contoh, jika Anda tipe orang yang pergi minum saat akhir pekan dan meminum enam atau delapan gelas bir, batasi diri Anda dengan meminumnya menjadi dua gelas bir sebagai target Anda. Jika diperlukan, rencanakan langkah demi langkah dengan tindakan seperti "Saya akan menyingkirkan alkohol dari rumah" atau Saya akan menghidari situasi dimana disajikan minuman beralkohol." Carilah orang-orang yang mendukung (atau bergabunglah pada suatu grup pendukung) yang dapat membantu untuk tetap menjaga resolusi Anda.

Sumber: detikFood

Tidak ada komentar: