29 Mei 2008

10 Negara dengan Harapan Hidup Tertinggi

Ingin hidup sampai berumur lanjut? Sejauh ini faktor terpenting dalam harapan hidup adalah kekayaan; makin kaya seseorang akan cenderung untuk makan secara sehat, merokok dan minum minuman keras lebih sedikit, dan memiliki akses terhadap perawatan kesehatan yang terbaik. Negara-negara yang makmur juga cenderung memiliki angka tindak kriminal dan kerusuhan masyarakat yang rendah. Negara-negara berikut memiliki rata-rata harapan hidup tertinggi di seluruh dunia. (Untuk AS, rata-rata harapan hidup adalah 77,85 dan berada di urutan ke-48)
  1. Andorra: 83,51

    Terletak di antara Perancis dan Spanyol, Andora dulu adalah salah satu negara termiskin di Eropa sampai kemudian menjadi tujuan wisata yang terkenal setelah Perang Dunia II. Penduduknya yang berjumlah 71.000 jiwa saat ini menikmati semua keuntungan dari ekonomi yang maju, dengan nutrisi dan fasilitas perawatan kesehatan publik yang bagus.

  2. Makau: 82,19

    Sperti Andorra, pulau di Laut Cina Selatan ini mencapai keuntungan karena booming ekonomi. Uang yang berasal dari pengunjung, terutama dari penduduk Cina daratan, yang datang untuk meraih keuntungan dari industri permainan / judi. Keuntungan dari judi saat ini adalah 70 persen dari pendapatan negara, dan pemerintah menginvestasikan uang tersebut untuk perawatan kesehatan publik.

  3. San Marino: 81,71

    San Marino yang berada di tegah-tengah Italia adalah negara terkecil ketiga di Eropa (setelah Vatikan City dan Monako). Besarnya harapan hidup di negara ini karena kemakmuran dan mayoritas penduduknya lebih banyak bekerja di perkantoran daripada di industri berat, yang memperpendek jangka waktu hidup.

  4. Singapura: 81,71
    Di samping dari kemakmurannya, satu faktor panjangnya harapan hidup rata-rata di Singapura adalah karena pada awal tahun 1980-an, pemerintah menyadari bahwa Singapura memiliki penduduk yang tua dengan usia rata-rata penduduknya yang makin meningkat. Karena itu pemerintah merencanakan, hingga saat ini, memiliki fasilitas perawatan kesehatan yang bagus.

  5. Hong Kong: 81,59

    Rakyat Hongkong pada umumnya memakan diet yang sehat dan seimbang, seperti nasi, sayur dan tahu, dengan daging yang berjumlah sedikit. Ini artinya angka kegemukan adalah rendah, dimana penyakit jantung dan kanker juga memiliki angka yang rendah.

  6. Jepang: 81,25

    Jepang adalah salah satu negara industri yang memiliki angka kegemukan orang dewasa terendah. Seperti di Hongkong, hal ini disebabkan oleh diet yang sehat seperti sayuran, ikan, nasi dan mie. Banyak orang Jepang juga berhenti makan bila sudah merasa 80 persen kenyang. Banyak orang Jepang tidak memakai mobil seperti orang-orang di negara barat, tetapi lebih suka berjalan kaki bila memungkinkan, sehingga banyak berolahraga.

  7. Swedia: 80,51

    Meskipun ekonominya cenderung turun pada akhir 1990-an yang merusak sistem kesehatan publik dan kesejahteraan yang terkenal, namun sistem kesehatan publik dan kesejahteraan di Swedia tersebut masih termasuk yang terbaik di dunia. Swedia juga memiliki angka perokok terendah di negara-negara berkembang, yaitu sekitar 17 persen.

  8. Swiss: 80,51

    Selain perekonomian yang stabil dengan semua faktor yang meningkatkan umur panjang, seperti diet yang sehat dan standar kesehatan yang tinggi, Swiss adalah negara yang netral sehingga memungkinkan penduduknya tidak banyak yang meninggal karena konflik senjata.

  9. Australia: 80,50

    Semua faktor yang berhubungan dengan kesejahteraan ada di Australia, namun harapan hidup dari penduduk pribumi Australia adalah 20 tahun lebih muda daripada penduduk berkulit putih, karena adanya faktor-faktor yang mempersingkat usia seperti merokok, kegemukan dan kemiskinan. Penelitian menyatakan bahwa harapan hidup di Australia mulai turun karena kegemukan yang menjadi proporsi epidemik.

  10. Guernsey: 80,42

    Pulau Guernsey yang terletak di Terusan Inggris, adalah negara jajahan Inggris namun tidak menjadi bagian dari Inggris Raya. Alasan tingginya harapan hidup di Guernsey adalah kesejahteraannya. Pajaknya yang sangat rendah membuat penduduknya bisa mendapatkan nutrisi dan perawatan kesehatan yang sangat baik. Lebih dari setengah pendapatan Guensey berasal dari layanan finansial, dengan sangat sedikit orang yang bekerja di perindustrian.

Sumber: Howstuffworks.com

1 komentar:

Abidin mengatakan...

Usia harapan hidup seseorang juga bisa diukur dari usia pasangan hidupnya.