6 Nov 2009

Manfaat Nasi Urap


Simaklah keindahan dalam sepiring nasi urap. Warna-warninya sungguh menakjubkan. Di balik keragaman bahan dan warna itu, sesungguhnya tersimpan sumber nutrisi yang luar biasa lengkap dan sehat. Mungkin karena itu nasi urap dibuat sebagai rangkaian upacara pertanda syukur, berkaitan dengan kelahiran seseorang.

Nasi
Sumber karbohidrat, juga lemak, protein, air (pada nasi putih lebih tinggi dibanding nasi merah), vitamin B1, kalsium (lebih tinggi pada nasi merah), dan zat besi.

Bayam
Bayam oleh orang Barat disebut "rajanya sayuran" karena kandungan gizinya yang unggul dibandingkan dengan jenis sayuran lain. Selain vitamin A, bayam merupakan sumber vitamin B1, B2, B6, C, E, dan K. Sayuran ini juga mengandung serat dan 13 senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan antikanker.

Kacang panjang
Setiap 100 gram kacang panjang mengandung karbohidrat, kalori, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B1.

Taoge
Daripada kacang aslinya, menurut riset, nilai gizi kacang hijau justru meningkat setelah dibuat kecambah. Peningkatan vitamin C misalnya, bisa lebih dari 500 persen.

Wortel
Selain rasanya manis, kandungan gizi wortel cukup lengkap, antara lain mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, dan zat besi. Wortel juga sangat kaya akan vitamin A.

Timun
Timun bisa dibilang merupakan sayuran yang sering diremehkan dan diperlakukan sekadar sebagai hiasan. Timun bahkan disingkiri karena dicurigai dapat menimbulkan keputihan. Padahal, kandungan gizi dalam timun tak kalah dibandingkan dengan berbagai jenis sayuran lainnya.

Kemangi
Oleh para peneliti kemangi diketahui memiliki kandungan vitamin dan mineral yang luar biasa penting. Karena itu, di negara-negara Barat, kemangi biasanya dipakai untuk campuran obat.

Telur ayam
Seratus gram (sekitar 2 butir) telur ayam kampung mengandung 12,8 protein. Kandungan energinya juga cukup tinggi, yaitu 162 kalori, lemak 11,5 gr, karbohidrat 0,7 gr, vitamin A, dan tiamin.

Kelapa
Urap memerlukan sambal, berupa kelapa setengah tua yang diparut. Kandungan gizi dalam buah kelapa bukan hanya terdapat dalam air kelapa saja, yang merupakan minuman isotonik alami. Buah kelapa juga memiliki nutrisi sangat baik. Lemak nabati dalam kelapa setengah tua tak perlu dikhawatirkan karena tidak ada proses penggorengan dalam pengolahan bumbu urap.

Cabai rawit
Jangan remehkan cabai rawit. Bukan hanya karena rasa pedasnya, melainkan kandungan nutrisinya yang sebenarnya cukup lengkap.

Kencur
Kencur dalam bumbu urap digunakan sebagai bumbu yang memberi rasa dan aroma sedap. Dalam pengalaman empiris para ahli jamu, kencur digunakan untuk menambah nafsu makan dan sebagai tonikum dan ekspektoran.

Bawang putih
Bawang putih memiliki kandungan utama alisin yang merupakan zat antioksidan, antikanker, antitrombotik, antiradang, serta penurun tekanan darah dan kolesterol.

Daun jeruk purut
Kandungan terpenting yang ada dalam jeruk purut adalah tanin, steroid, triterpenoid, dan minyak aisiri.

Sumber: kompas.com

Tidak ada komentar: