13 Mar 2009

Jenis Tumor Otak

Jenis-jenis tumor otak.

Medulloblastoma/Primitive Neuroectodemaltumor (PNET)

Tumor jenis ini sangat umum terjadi pada tumor otak anak-anak. Insiden 25 persen-35 persen dari kanker otak pada anak. Penyebab medulloblastoma masih belum diketahui. Hampir selalu tumbuh di pertengahan lokasi cerebellum atau di belakang medulla oblongata.

Gejala tergantung dari besar dan lokasi tumbuhnya tumor. Sering diketahui diderita anak-anak saat terjadinya sumbatan aliran cairan serebro spinal atau yang disebut hidrosefalus. Hal ini mengakibatkan sakit kepala, gangguan penglihatan, bahkan gangguan kesadaran. Terdapatnya gangguan koordinasi, gait, ataxia, dan nystagmus.

Pada pemeriksaan imaging CT Scan atau MRI tampak lesi berbatas tegas yang enhance dengan pemberian kontras di lokasi cerebellum.

Ependymoma

Tumor yang berasal dari lapisan ependymal dalam struktur otak yang melapisi dinding dalam rongga ventrikel. Biasanya ditemukan pada struktur dalam seperti rongga ventrikel atau canalis centralis dari medulla spinalis. Merupakan urutan ke-3 tumor otak terbanyak pada anak serta merupakan 50 persen pada anak dengan usia di bawah 5 tahun.

Gejala klinis tergantung dari besar dan lokasi tumbuhnya tumor. Pada anak-anak 90 persen terdapat pada fossa posterior. Hal ini menyebabkan terjadinya hidrosefalus dengan tanda-tanda (sakit kepala, muntah, head tilt, dan pandangan ganda). Bila terdapat pada dasar ventrikel IV dapat menyebabkan torticolis dan ataxia. Dapat disertai gangguan pendengaran, dysarthria, dysphagia, dan dysmetria.

Cerebellarastroytoma

Tumor yang berasal dari sel-sel otak yang bernama astrocyt. Terletak di fossa posterior atau di cerebellum. Gejala dan tanda hampir menyerupai gejala dan tanda pada tumor medulloblastoma atau ependymoma ventrikel IV. Dengan pemeriksaan CT scan, bahkan MRI dapat ditemukan gambaran lesi kistik dengan modul di sekitarnya.

Pinealregiontumor

Tumor ini terletak regio kelenjar pineal. Merupakan 3 persen-11 persen lebih sering diderita anak-anak dibandingkan dewasa. Gejala klinis tergantung dari besar dan lokasi tumbuhnya tumor. Dari beberapa penelitian sering kali berupa tumor germ cell (germinoma, teratoma, choriocarcinoma, embrional carcinoma, dan yolk sac tumor).

Sumber : okezone

Tidak ada komentar: