7 Jan 2011

5 Hal yang Diperlukan oleh Kulit Kita Setiap Hari

Dengan sekitar 1,7 meter persegi luas kulit yang perlu dirawat, masuk akal bila lemari obat banyak orang penuh dengan produk perawatan kulit. Tapi bagi sebagian besar dari kita, menggunakan lebih dari dua atau tiga dari produk perawatan kulit tersebut setiap hari tidaklah perlu
Lapisan kulit yang kita olesi dengan lotion, krim, toner, scrub dan pembersih disebut epidermis adalah lapisan terluar dari tiga lapisan kulit. Epidermis adalah yang paling rentan terhadap kerusakan lingkungan, biasanya sinar UV yang dapat menimbulkan warna tampak gelap, dan kulit pada umumnya mengalami proses penuaan yang menyebabkan kulit tampak kusam, keriput dan kering.
Pada kenyataannya, kulit hanya memerlukan perawatan sederhana dan murah agar tetap sehat.
Pada artikel ini, kita akan mencari tahu apa yang dibutuhkan kulit setiap hari, mengapa unsur-unsur tersebut sangat penting, di mana kita bisa menemukannya

5. Pembersih
Membersihkan adalah hal paling dasar dari perawatan kulit, menghilangkan kelebihan kotoran, polusi dan minyak yang menyumbat pori-pori epidermis. Tapi tidak semua pembersih adalah sama. Pertama, pembersih wajah harus selalu BEBAS sabun, produk sabun yang anda gunakan di seluruh tubuh Anda biasanya terlalu keras untuk wajah. Dan, sama seperti dengan produk perawatan kulit, anda harus memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit sangat kering, pakailah pembersih yang mengandung krim. Untuk kulit Kering atau kulit sensitif pakailah pembersih yang bebas alkohol, baik yang mengandung krim atau tidak. Dan kulit berminyak gunakan pembersih yang bersifat asam, seperti produk alpha-hydroxy, yang dapat menghancurkan sebum (sekresi berminyak pada kulit) yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

4. Air
Tubuh manusia penuh dengan air - 55 persen menjadi 75 persen dari tubuh kita. Air menmbuat racun keluar dari tubuh, dan memungkinkan sel-sel kita untuk menyerap nutrisi, dan menjaga proses pencernaan kita bergerak dengan lancar.
Namun jumlah air dalam tubuh kita tidak konstan. Sebagian besar proses tubuh seperti bernafas an berkeringat akan membuang air dari sel tubuh kita. Jadi agar sel-sel tubuh berfungsi dengan baik, kita perlu mengonsumsi banyak air untuk menggantikan air yang hilang tersebut.
Kulit tidak berbeda dari bagian tubuh lain yang juga memerlukan hidrasi. Air membantu menghilangkankotoran dari kulit yang bias menyebabkan jerawat, dan air bias menjaga kulit tetap terlihat kencang dan halus. Untuk menghidrasi kulit, kita perlu minum air 2 liter per hari.

Scrub
Scrub menghilangkan sel-sel kulit mati dari epidermis, meninggalkan lebih banyak ruang untuk sel-sel kulit yang hidup untuk bergerak ke atas dari dermis, lapisan di bawahnya. Hal ini dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan halus.
Namun, scrub harus digunakan secara tepat karena dapat membahayakan kulit kering atau sensitif dan mungkin harus dihindari untuk tipe kulit tersebut. Dan bahkan untuk kulit berminyak tidak boleh dikelupas lebih dari dua kali seminggu, untuk menghindari terlalu banyak sel-sel kulit hidup yang ikut terkelupas dalam proses tsb

3. Asam Lemak Esensial
Asam Lemak Esensial (Essential fatty acids atau EFA) berfungsi membentuk membrane sel yang berbasis lipida yang menahan air dan nutrisi. Untuk kulit, lipida tersebut juga menjadi penghalang yang melindungi kulit dari UV dan polutan.
Tanpa EFA, membrane sel kulit dan seluruh barrier pelindung tidak dapat bekerja secara efektif. Kulit akan terekspos berlebihan, mengalami dehidrasi dan cenderung memproduksi sebum yang berbahaya, menjadi kering dan terbakar
EFA yang menjaga kulit terlihat bagus sebagian besar berupa asam lemak omega-3 dan omega-6. Omega-6 dijumpai dalam sebagian besar makanan seperti daging unggas, biji-bijian dan minyak sayur. Sementara Omega-3 bisa ditemukan dalam ikan perairan dingin seperti salmon dan sardine, kacang merah, buah kenari dan bayam. Beberapa ahli kulit merekomendasikan EFA lainnya yaitu asam linolenik gamma (GLA) sebagai anti bakar. GLA bias ditemukan dalam sebagian besar minyak kelapa.

Pelembab
Berlawanan dengan keyakinan yang sudah ada, pelembab tidaklah diperuntukkan bagi setiap orang. Pelembab baik untuk kulit kering, tapi menyebabkan kulit berminyak semakin bertambah jelek. Dan karena pelembab mengandung alcohol, maka akan menyebabkan masalah bagi kulit sensitive. Jadi jika kita akan memakai pelembab, maka pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit.

2. Pelindung matahari
Untuk melindungi kulit dari efek matahari, kita bias memakai tabir surya, seperti avobenzone, oxy benzene, zinc oxide atau titanium oxide. Cara lain, carilah tabir surya yang mengandung sun-protection factor (SPF) di atas 15, dan gunakanlah setidaknya 20 menit sebelum berjemur. Dengan cara ini, bahan-bahan aktif yang ada di dalamnya memiliki waktu untuk bekerja sebelum proses paparan UV terjadi.

1.Antioksidan
Antioksidan dipercaya bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pencegah kanker. Antioksidan bias dijumpai pada semua jenis makanan, seperti buah, sayuran, seafood, dan minyak. Antioksidan memiliki radikal bebas yang menghancurkan molekul-molekul perusak sel yang sehat, sehingga baik untuk sel kulit dan sel tubuh lainnya.

Banyak antioksidan yang berguna bagi kulit, dimana dua di antaranya yang paling banyak mendapatkan perhatian adalah:
- Vitamin C, yang membentuk kolagen untuk kulit halus dan kencang. Bisa ditemukan dalam seluruh biji-bijian, apel dan jeruk. Konsumsilah vitamin C 75 mg per hari.
- Vitamin E, yang melindungi membrane sel dan nutrisi yang memerangi kerusakan akibat UV. Bisa ditemukan pada minyak gandum, almond, mentega. Konsumsilah 15 mg setiap hari.

Kosmetik
Jika kita tidak mendapatkan cukup vitamin dari makanan, kita bisa memakai beberapa produk kosmetik yang mengandung antioksidan, seperti krim vitamin C.

sumber: howstuffworks.com

Tidak ada komentar: