3 Des 2010

6 Warna Yang Mempengaruhi Mood Anda

Berapa banyak pikiran yang Anda berikan untuk memilih warna? Kebanyakan orang akan menjawab mereka tidak perlu pikir panjang untuk melakukan hal itu saat kita mengambil warna kesayangan kita dari berbagai pilihan warna yang tersedia. Mungkin Anda akan terkejut saat mengetahui seberapa besar efek warna yang dapat mempengaruhi suasana hati kita! meskipun warna bisa bersifat subyektif, sebagian besar memiliki efek yang universal. Dan saya sangat terkejut ketika mengetahui besarnya pengaruh yang dibawa warna-warna ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut adalah 6 warna yang dapat memberikan efek bagi hidup kita dan semua orang harus mengetahuinya.

1. Hitam

Hitam merupakan warna yang sangat kuat. Ia mengkonsumsi semua cahaya lain dalam spektrum warna, dan sering digunakan untuk mewakili karakter kuat seperti drakula atau penyihir. Beberapa budaya menghubungkan warna ini dengan kegelapan akan kematian dan berkabung, sedangkan budaya lainnya dengan kelahiran kembali dan kehidupan. Dan hubungan yang kuat? Warna hitam berkuasa. Lihat saja berapa banyak warna hitam digunakan dalam kehidupan sehari-hari... sabuk hitam, dasi hitam, black market... dan sebagian besar orang mengenakan pakaian warna hitam untuk pergi bekerja. Warna hitam memberikan rasa penting, kontrol dan kekuatan.

2. Putih

Putih sering digunakan untuk menggambarkan kepolosan dan kenaifan. Putih adalah warna yang sangat murni, dan sering digunakan di rumah-rumah baru, untuk membuat ruangan terlihat lebih besar dan cerah. Putih juga merupakan warna yang sangat dingin meskipun memberikan efek steril. Ruangan yang dicat putih sering terlihat lebih besar, namun terlihat kosong dan tidak ditinggali. Putih dapat membuat kita merasa murni; atau kosong.

3. Merah

Merah adalah warna yang selalu membangkitkan emosi yang kuat. Hal ini sering dikaitkan dengan semangat, cinta dan nafsu, dan warna ini bisa membuat kita merasa seksi dan nyaman. Warna ini juga bisa dihubungkan dengan kemarahan dan kegembiraan, dan umumnya bertanggung jawab atas perasaan intens. Banyak orang yang membeli barang-barang dengan warna merah... lingerie merah dan gaun merah, dan ekspresi ‘lukisan kota merah’, dan ‘terlihat merah’. Warna merah juga menjadi warna favorit saya, yang mengindikasikan bahwa saya hidup dengan intensitas dan semangat yang tinggi.

4. Biru

Biru merupakan warna favorit yang paling umum, terutama bagi kaum pria. Biru merupakan warna yang tenang, dan sering digambarkan dengan steril, tenang, kalem dan tentram. Penelitian menunjukkan bahwa orang akan lebih poroduktif di dalam ruangan yang berwarna biru, dan wana ini juga terkadang menyebabkan perasaan sedih dan bingung. Biru juga merupakan warna yang sering digunakan bagi para pelaku diet, karena warna yang paling sedikit membangkitkan selera makan. Menggunakan piring dan peralatan makan berwarna biru dapat membatasi porsi makan Anda! Memperlihatkan warna biru kepada orang sakit juga terbukti dapat menurunkan denyut nadi dan suhu tubuh.

5. Hijau

Hijau merupakan warna yang tampaknya menunjukkan perasaan yang sangat berbeda. Bagi beberapa orang, warna ini menunjukkan alam, dan ketenangan. Rasanya sehat dan murni. Warna ini juga sering dikaitkan dengan warna cemburu dan sakit hati. Pada abad ke-15, warna hijau digunakan sebagai simbol kesuburan dan ruangan yang dicat hijau sering digunakan untuk menenangkan saraf, menghilangkan stres dan memulai pemulihan. Ruangan berwarna hijau juga terbukti mengurangi sakit perut!

6. Oranye

Oranye adalah kombinasi dari warna kuning dan merah, dan sering dipandang sebagai warna yang enerjik dan bergoyang. Warna ini sering digunakan untuk menarik perhatian, seperti pada tanda-tanda jalan dan dalam kampanye iklan. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa peserta yang terhubung dengan warna oranye menunjukkan kegembiraan, antusiasme dan kehangatan, yang membuatnya menjadi warna yang pas untuk dimasukkan ke dalam rumah Anda. Hindari warna oranye kekuningan karena ruangan yang berwarna kuning dapat menyebabkan sakit kepala.

Saya sangat suka meneliti warna-warna ini! Tiba-tiba saya tahu mengapa ruangan satu warna saya selalu membuat saya merasa kuat sekaligus tenang, dan saya berencana untuk mengecat dapur saya dengan warna biru dan putih. Dan jika saya dapat menemukan beberapa aksesoris cantik berwarna hijau, barang-barang itu akan saya letakkan di dalam kamar mandi!

sumber: jawaban.com

Tidak ada komentar: